Sarasehan Seni Masyarakat Tahun 2016

header-sarasehan-seni-2016

Dalam program kerja yang telah diagendakan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) ISI Yogyakarta pada tahun anggaran 2016, LPM ISI Yogyakarta mempunyai program / kegiatan yang dinamakan “Sarasehan Seni”. Seperti kegiatan sarasehan pada umumnya, kegiatan sarasehan ini adalah sarana bagi LPM ISI Yogyakarta untuk berkomunikasi dengan masyarakat khususnya praktisi ataupun kelompok masyarakat yang mempunyai perhatian dalam bidang kesenian dan tradisi.

Sarasehan seni pada tahun anggaran 2016 ini menyasar pada masyarakat / kelompok seni yang berada di 2 (dua) wilayah. Wilayah pertama berada di Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang dilaksanakan pada 14 November 2016. Sedangkan kegiatan sarasehan seni yang kedua berada di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY yang dilaksanakan pada 15 November 2016. Patut disyukuri bahwa dalam pelaksanaan kegiatan sarasehan seni pada kedua wilayah tersebut antusiasme masyarakat luar biasa dengan melihat pada jumlah kehadiran para undangan baik praktisi maupun kelompok seni yang berada di kedua wilayah tersebut.

Pada pelaksanaan sarasehan seni di Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Kab. Klaten, Jateng, LPM ISI Yogyakarta mengangkat tema “revitalisasi Seni Budaya Tradisi dan Kerajinan Menuju Desa Wisata Padas, Karanganom, Klaten Guna Peningkatan Kesejahateraan Masyarakat”. Untuk memberikan paparan terkait tema yang di angkat, LPM ISI Yogyakarta menghadirkan 2 orang narasumber dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yaitu Djoko Maduwiyata, S.Kar., M.Hum. (Jurusan Karawitan, FSP) dan Sumino, S.Sn., M.A. (Jurusan Kriya, FSR). Pada kegiatan Sarasehan Seni di Desa Padas ini, Ketua LPM ISI Yogyakarta yaitu Dr. Nur Sahid, M.Hum. berkesempatan untuk memberikan sambutan dan pemaparan singkat tentang program-program dari LPM ISI Yogyakarta. Selain dari LPM ISI Yogyakarta, sambutan juga disampaikan oleh Camat Kecamatan Karanganom, Klaten yang dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap ISI Yogyakarta yang memiliki kepedulian terhadap para pelaku seni khususnya seni tradisi.

Flickr Album Gallery Powered By: Weblizar

Kegiatan Sarasehan Seni berikutnya dilaksanakan di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kab. Gunungkidul, DIY dengan mengusung tema “Revitalisasi Seni Budaya Tradisi Menuju Desa Budaya Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul Guna Mendukung Keistimewaan Yogyakarta”. seperti kegiatan sarasehan seni sebelumnya, untuk memberikan paparan terkait tema yang di usung, LPM ISI Yogyakarta menghadirkan 2 orang narasumber dari ISI Yogyakarta sebagai pembicara yaitu: Drs. Untung Muljono, M.Hum. (Jurusan Sendratasik, FSP) dan Drs. Joko Tri Laksono, MA., MM. (Jurusan Etnomusikologi, FSP). Pada kegiatan Sarasehan Seni ini Dr. Nur Sahid, M,Hum. selaku Ketua LPM ISI Yogyakarta juga berkesempatan memberikan sambutan sekaligus melakukan pembukaan acara sarasehan bersama-sama dengan Kepala Desa dan Tokoh Kesenian Desa Ngalang, Kec. Gedangsari, Gunungkidul.
Flickr Album Gallery Powered By: Weblizar

 

kontributor: Rully.Octa